EjNAV1siiFWQsMHPeuBv7CrbyxNrxUyB7zujlgrc

3 Cara Menampilkan Ruler Di Word Untuk Versi 2007 Sampai 2019

Posting Komentar
Cara menampilkan ruler di word yang saya bahas ini dapat digunakan untuk mengatur penggaris di microsoft office word dari versi 2007 sampai versi 2019. Karena yang saya bahas disini adalah dasar yang benar-benar dasar untuk menampilkan penggaris di ms. word.

cara menampilkan ruler di word

Pernahkah Anda mengalami seperti ketika seorang juru ketik sedang bingung saat menentukan batas dari ukuran kertas?

Apa Anda akan melakukan beberapa kali printout untuk melihat hasil dari perkiraan Anda?

Mencoba untuk mengira-ngira hasil printout harusnya tidak perlu dilakukan jika Anda sudah mengerti cara menampilkan penggaris di word versi berapa pun.

Tidak seperti notepad pengolah kata sederhana bawaan windows, pada halaman kerja microsoft word sendiri sudah di sertakan penggaris untuk memudahkan pengguna mengatur kertas. Pengguna dapat menentukan ukuran kertas yang dia mau. Pengguna juga dapat melihat di berapa satuan kursor berada untuk mengetik. Misalnya kursor berkedip di garis berdiri nomor 3 dan garis tidur nomor 2. Maka itu artinya pengguna dapat mulai mengetik di titik vertikal dan horizontal masing-masing 3 dan 2 dalam satuan cm. Satuan cm ini bisa di rubah sesuai keinginan pengguna. Secara default ada tiga satuan yang bisa digunakan di ms. word yaitu inch, centimeters, dan milimters.

Kenapa Ruler Di Word Tiba - Tiba Hilang?

Ada banyak faktor yang dapat mengganggu pekerjaan Anda saat mengetik di word. Kadang terjadi listrik padam dan lupa menyimpan dokumen di ruang penyimpanan yang Anda miliki. Ruang penyimpanan seperti hardisk, flashdisk dan cloud backup kadang kala tidak digunakan secara baik. Akan tetapi ini tidak begitu berhubungan dengan pembahasan saya mengenai kenapa penggaris di word menghilang.

Ruler atau penggaris di word kadang kala hilang bisa disebabkan karena beberapa faktor. Ada beberapa faktor yang bisa ditangani dengan mudah dan ada juga yang tidak bisa ditangani secara mudah. Apa saja itu?
  1. Hilang ruler karena faktor tidak kesengajaan, ini biasanya terjadi saat Anda sedang fokus mengetik dan tidak sengaja menekan tombol ALT, W dan R dengan berurutan. Faktor ini masih bisa ditangani untuk menampilkan kembali ruler di ms word Anda. Perlu Anda ketahui sebenarnya hal yang tidak Anda sengaja ini adalah Anda sedang menekan tombol shortcut di ms. word. Tombol – tombol ini adalah shortcut untuk menghilangkan ruler di ms. word. Mungkin Anda tidak menemukan pembahasan tombol shortcut ruler di website lain. Tapi Anda beruntung membaca artikel ini, saya akan membahasnya di bagian akhir. Lanjutkan membaca ya!

  2. Faktor hilangnya ruler karena gangguan virus, jika ini yang terjadi kadang kala Anda akan membutuhkan bantuan teknisi. Anda juga bisa mencoba sendiri dengan mengandalkan antivirus di windows Anda. Faktor ini bisa jadi dapat ditangani bahkan hal yang paling buruk tidak dapat ditangani. Sehingga apa yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan virus dari windows Anda.

  3. Faktor yang tidak diketahui.

3. Cara Menampilkan Ruler Di Word Yang Hilang

Setelah mengetahui penyebab hilangnya ruler di word maka pembahasan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Disini Anda akan tahu bagaimana dasar menampikan ruler di word di berbagai versi (2007, 2010, 2013, 2016, 2018, 2019). Cara ini telah di gunakan pada versi 2007 hingga versi yang terbaru saat ini. Sebenarnya Ada tiga cara yang saya sampaikan di artikel ini. Mungkin saja satu atau dua dari cara yang saya sampaikan di sini sudah Anda ketahui. Tentu saja cara ini ada yang berkaitan atau masuk pada intinya menampilkan ruler.

Dalam menemukan pengaturan penggaris di word yang saya tahu, Microsoft membagi pada tiga cara. Yaitu pada Menu Options yang merujuk ke Quick Acces Toolbar, Menu View dan shortcut pada keyboard. Ke tiga cara ini sebaiknya perlu Anda ketahui. Karena jika Anda tahu pokok dari langkah – langkah yang dibahas Anda akan tahu juga cara menggunakan tools yang lain di ms. word.

1. Menampilkan Ruler Dari Quick Toolbar

Menampilkan ruler dari quick toolbar adalah menampilkan ikon pengaturan ruler untuk di tampilkan di quick toolbar. Setelah ikon pengaturan ruler ditampilkan di quick toolbar kita akan lebih mudah menampilkan atau  menyembunyikan penggaris di word. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu degan cara klik ikon ruler tersebut untuk menampilkan penggaris. Dan jika ingin menyembunyikan penggaris cukup klik lagi ikon ruler tersebut maka secara otomatis penggaris di area kerja disembunyikan. Berikut ini adalah gambar ikon ruler;
Cara Menampilkan Ruler Di Word

Pasti di ms. word Anda belum ada ikon ruler tersebut. Karena ikon ini perlu di atur secara custom. Anda bisa menggunakannya dengan klik untuk show ruler atau klik lagi untuk hide ruler.

Default tampilan quick toolbar hanya menampilkan ikon save, undo, redo, print preview dan print. Berikut ini ada 2 cara untuk menampilkan ikon ruler di quick toolbar.

a. Menampilkan Pengaturan Rule Di Quick Toolbar Cara Umum

Lihat pojok bagian atas akan ada ikon seperti gambar berikut ini;
Cara Menampilkan Ruler Di Word
  1. Silahkan klik pada tanda ikon panah ke bawah
    Cara Menampilkan Ruler Di Word
  2. Klik More Commands...
    Cara Menampilkan Ruler Di Word
  3. Klik dropdown Choose commands from
    Cara Menampilkan Ruler Di Word
  4. Klik View Tab
    Cara Menampilkan Ruler Di Word
  5. Klik Ruler
    Cara Menampilkan Ruler Di Word
  6. Lanjutkan dengan klik Add >>
    Cara Menampilkan Ruler Di Word
  7. Akhiri dengan Klik Ok
    Cara Menampilkan Ruler Di Word

 b. Menampilkan Pengaturan Rule Di Quick Toolbar Dari Menu Options

Pada dasarnya ini menuju tab yang sama quick assces toolbar dari menu opsions. Cuman untuk menuju kesana melalui jalur file Options. Lihat caranya berikut ini;
  1. Klik File
    cara menampilkan ruler di word
  2. Klik Options
    cara menampilkan ruler di word
  3. Pada kota dialog Word Options pilih tab Quick Acces Toolbar
    cara menampilkan ruler di word 2007
  4. Klik dropdown Choose commands from
    cara menampilkan ruler di word 2016
  5. Klik View Tab
    cara menampilkan ruler di word 2010
  6. Klik Ruler
    cara menampilkan ruler di word 2013
  7. Lanjutkan dengan klik Add >>
    cara menampilkan ruler di word 2018
  8. Akhiri dengan Klik Ok
    cara menampilkan ruler di word 2019
Baca kembali cara satu dan dua diatas. Anda akan menemukan kesamaan di bagian nomor 3-6 pada cara 1 dan 4-7 pada cara 2.

2. Menampilkan Ruler Dari Menu View

Di cara ini hanya butuh dua langkah saja. Mari praktikan cara menampilkan ruler dari menu view;
  1. Klik menu View
    Cara Menampilkan Ruler Di Word
  2. Centang Ruler
    Cara Menampilkan Ruler Di Word 

3. Menggunakan Tombol Shortcut di Keyboard

Tombol shortcut untuk menampilkan ruler di word mempunyai dua fungsi. Fungsi pertama jika di halaman kerja Anda belum menampilkan ruler ia akan berfungsi untuk menampilkan ruler. Fungsi kedua adalah sebaliknya. Jika di area kerja ms. word Anda telah menampilkan ruler ia akan menghilangkan tampilan ruler untuk Anda. Menghilangkan atau menampikan ruler ini biasanya berfungsi untuk memperluas atau mempersempit pandangan di area kerja. Hal yang lain, Anda yang lebih tahu dengan kebutuhan Anda untuk menampilkan ruler word.

Silahkan di praktikan untuk menekan tombol di keyboard secara berurutan dari ALT ke W lalu ke R, ruler akan di tampilkan di area kerja Anda. Dan jika ingin menghilangkan kembali ruler yang telah ditampilkan silakan ulangi kembali menekan tombol ALT lalu ke W lalu ke R.
cara menampilkan ruler di word

Sampai disini semua cara yang saya tahu untuk menampilkan ruler atau penggaris di ms. word telah saya sampaikan. Harapan saya semoga Anda mendapatkan hal yang baru dan mendasar.

Seperti biasa jika artikel yang saya tulis ini bermanfaat mohon untuk di bagikan ke facebook, twiter atau sosial media apa saja yang Anda miliki. Ingat ya yang boleh dibagikan hanyalah link dari artikel ini bukan cara copy paste artikel ini karena itu melanggar undang-undang hak cipta. Bagaimana membagikan link artikel ini? Silahkan klik tombol facebook, whatsapp, instagram, twiter dan lain-lain dibawah artikel ini. Secara otomatis Anda akan dibawa ke sosmet yang Anda maksud. Semoga bermanfaat. Amin
Zens Website
Suka bikin website, Nulis dan jalan-jalan

Related Posts

Posting Komentar