EjNAV1siiFWQsMHPeuBv7CrbyxNrxUyB7zujlgrc

Membuat Dan Cara Mengatur Kertas F4 Di Word 2016

Posting Komentar
Cara mengatur kertas F4 di Word 2016 menjadi pembahasan yang menarik. Dibahas dengan rinci mulai dari membuat ukuran kertas F4 hingga mengatur format - format lain yang masih berkaitan dengan kertas F4.

Ukuran kertas F4 di word 2016 secara default belum ada dari bawaan microsoft word. Oleh karena itu sebagai pengguna diminta untuk membuat sendiri ukuran F4. Tentu saja bagi yang baru menggunakan word yaitu aplikasi pengolah text dari microsoft akan lebih sulit. Cara gampangnya Anda akan mencari tahu di internet dengan mengetikan kata kunci tertentu seperti “cara membuat ukuran kertas f4 di word 2016”.

Dengan kata kunci itu bisa jadi anda menemukan blog ini. Lalu Anda membuka dan mendapati halaman artikel pembahasan membuat ukuran F4 di Word 2016. Mulailah Anda membaca memahami dan mempraktikan isi dari artikel ini.

Untuk dapat mengatur kertas F4 maka ukuran kertas F4 word 2016 harus dibuat terlebih dahulu. Cara membuatnya tidaklah sulit karena jika Anda membaca dan mempraktikan petunjuk yang dibahas di artikel ini di jamin bisa melakukannya.

Pertanyaannya adalah:

Kertas F4 Apakah Sama Dengan Ukuran Kertas Folio?

Ukuran Kertas F4 sama dengan kertas Folio penilaian ini memang benar, khususnya pelajar dan akademisi. Kebanyakan mereka menyebut kertas F4 dengan nama kertas Folio. Beda halnya dengan orang percetakan. Pengalaman saya waktu masih bekerja di percetakan sering menyebut dengan kertas F4 sesuai label di kardus HVS yang kami beli.

Ukuran Kertas Folio / F4 dalam cm adalah 21,5 cm x 33,0 cm. Sedangkan ukuran F4 / Folio dalam inci adalah 8.46 inch × 12.99 inch. Jika di ms word anda menggunakan satuan milimeters maka ukurannya adalah 215 mm x 330 mm. Mulai sekarang kita sudah tahu ukuran kertas F4 dan persamaannya dengan kertas folio. Ini akan menjadi lebih mudah untuk praktik membuat ukuran F4 di Ms Word.

Gambar Kertas Folio / F4

Cara Mengatur Kertas F4 Di Word 2016

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Di Word 2016

Apakah Anda pernah membuat ukuran F4 di word versi lain sebelumnya? Maksud saya versi selain  microsoft office 2016 yang sedang saya bahas ini. Jika Anda pernah melakukan itu cara ini mungkin gampang dilakukan. Karena petunjuk di artikel ini bisa dikatakan sama atau bisa jadi sedikit perbedaannya.

Yang saya maksud adalah versi Word 2007 sampai 2019 karena di versi ini hanya sedikit saja perbedaan penggunaannya. Beda dengan versi 2000 dan versi 2003 jika dibandingkan dengan versi 2007 ke atas. Tapi ada satu titik yang sama yaitu dari versi  ke versi ms word merujuk pada Custom Size. Hanya saja dimana Anda dapat menemukan pengaturan ini.

Anda beruntung membaca artikel ini karena di pembahasan ini akan dipraktikkan penggunaan custom size di ms word versi 2007 sampai 2019. Simak baik- baik dan segera praktikkan petunjuk berikut ini;

Cara Menemukan Custom Size Di Word

Sejak awal pembahasan di artikel ini adalah mengenai ukuran Kertas F4. Maka sebagai contoh custom size akan dipraktikkan dengan ukuran tersebut. Petunjuk belajarnya adalah lihat gambar berikut ini dan baca keterangan pada masing-masing nomor yang berkaitan lalu praktikan. Tentu saja cara ini juga bisa digunakan pada ms. word 2007 sampai dengan 2019.
  1. Buka Aplikasi Microsoft Word di Komputer Anda.
  2. Pilih Blenk Document
Langkah 1 sampai 2 ini bisa di abaikan jika Anda sudah memiliki dokumen yang sedang di edit.
  1. Klik Menu Layout
    cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word
  2. Klik Submenu Size
    cara mengatur ukuran kertas hvs di microsoft word
  3. Pilih More Paper Sizes...
    Cara Menemukan Custom Size Di Word
  4. Pada Tab Paper klik Dropdown Paper SIze
    Cara Menemukan Custom Size Di Word
  5. Scroll ke bawah dan pilih Custom Size
    Cara Menemukan Custom Size Di Word

Cara Mengatur Ukuran Kertas Di Word 2016

  1. Isi angka pada lebar kertas ukuran F4 di kolom Width: 21,5 cm / 215 mm / 8.5 inch / 8,5” (sesuaikan dengan satuan yang di pakai di Ms. Word Anda.)
    Cara Mengatur Ukuran Kertas Di Word 2016
  2. Isi Angka pada Tinggi kertas ukuran F4 di kolom Height: 33,0 cm / 330 mm / 13 inch / 13” (sesuaikan dengan satuan yang di pakai di Ms. Word Anda.)
    cara mengatur ukuran kertas f4 di word 2010
  3. Klik Ok.
    cara mengatur ukuran kertas di microsoft word
Catatan: Untuk mengganti satuan Anda bisa masuk ke Options > Advanced > Show measurement in units of: Ganti sesuai keinginan Anda, bisa memilih Inches, Centimeters, Milimeters. Selama yang saya ketahui, sepertinya Microsoft hanya menyediakan ukuran ini di dalam pengaturan Ms. Word.

Cara Mengubah inchi Ke cm di Word 2016

Bisa jadi satuan di ms word anda saat ini menggunakan satuan inch atau petik dua ("). Sepertinya untuk memudahkan anda mengikuti tutorial ini akan saya jelaskan juga mengenai tahapan di sertai gambar untuk mengatur satuan di ms word khususnya di versi 2016.

Ini cara ganti satuan di ms word;
  1. Klik menu File
    Cara Mengubah inchi Ke cm di Word 2016
  2. Klik Options
    Cara Mengubah inchi Ke cm di Word 2016
  3. Klik Advanced
    Cara Mengubah inchi Ke cm di Word 2016
  4. Gulir ke bawah dan temukan "Show measurement in units of:", Klik panah kebawah
    Cara Mengubah inchi Ke cm di Word 2016
  5. Pilih Centimeters
    Cara Mengubah inchi Ke cm di Word 2016
  6. Klik Ok.
    Cara Mengubah inchi Ke cm di Word 2016
  7. Tutup aplikasi word anda lalu setelah tertutup dengan sempurna buka kembali aplikasi word anda. Ini fungsinya agar microsoft mengaktifkan pengaturan yang barusan anda terapkan.

Bagaimana Membuat Ukuran Kertas di Ms. Word Lebih Cepat?

Dari cara sebelumnya ada cara yang lebih cepat untuk menemukan Custom Size. Dengan cara cepat ini kita dapat menghemat waktu serta mempercepat pekerjaan membuat ukuran kertas. Lihat lagi cara – cara di atas!. Anda bisa meringkas pekerjaan dengan cara melewati langkah 4 sampai langkah 5 diatas dan langsung menuju ke langkah 6 sampai langkah 11. Atau saya akan menggunakan beberapa tombol keyboard berikut ini agar lebih cepat lagi.
  1. Tekan Tombol Alt pada Keyboard Anda
  2. Tekan Tombol P
  3. Tekan Tombol S dan P bersamaan
  4. Tekan Arah Bawah
  5. Tekan End
  6. Tekan Enter

Cara mengatur kertas F4 di Word 2016

  1. Tekan TAB isi Width (Lihat langkah 9 diatas)
  2. Tekan TAB lagi dan isi Kolom Height (Lihat langkah 10 diatas)
  3. Tekan Enter sampai dialog Page Setup hilang.
Dengan cara menggunakan keyboard ini seharusnya memberi pengalaman kepada Anda hal yang baru. Saya katakan hal yang baru jika Anda belum pernah menggunakan keyboard untuk mengatur sesuatu di ms.word versi apapun.

Cara Mengatur Posisi Kertas

Setelah memiliki kertas ukuran F4 atau kertas folio Anda bisa mengatur posisi kertas sesuai kebutuhan Anda.

Misal jika Anda menyisipkan gambar di ms word. Yang Anda tahu gambar tersebut merupakan gambar yang memanjang dengan panjang 1000 px dan tinggi 500px dan posisi gambar tersebut adalah posisi tidur. Anda juga tidak ingin ketika di printout gambar ini hanya berukuran kecil karena kertas pada saat itu dalam posisi berdiri.

Apa yang Anda lakukan?

Ada dua pilihan. Anda bisa memutar gambarnya atau menyesuaikan kertasnya sesuai gambar. Dalam contoh kali ini kita akan menyesuaikan kertas tersebut dengan gambar yang di sisipkan.
  1. Langkah pertama klik Menu Layout
  2. Klik submenu Orientation
  3. Pilih Landscape
Sedikit tambahan. Jika Anda ingin mengubah posisi gambarnya saja juga bisa. Biarkan posisi kertas tetap berdiri atau dalam keadaan Portrait. Klik Gambar tersebut. Gerakan kursor/mouse hingga membentuk tanda lingkar kecil. Jika tanda tersebut sudah muncul di atas gambar cobalah untuk mengubah posisi gambar tersebut.

Cara Mengatur Margin Di Word 2016

Masih di dalam menu yang sama yaitu menu layout ada submenu untuk mengatur batas samping kiri, kanan, atas, dan bawa. Untuk mengatur itu semua ada di submenu margin yang letaknya berada di menu layout. Disini anda bisa memilih aturan format yang sudah disediakan oleh ms. word secara default. Tentunya anda juga bisa membuat aturan sendiri selain yang telah disediakan oleh microsoft.

Saya akan menunjukan seperti apa pengaturan margin secara default dari microsoft. Pengaturan default adalah pengaturan yang sudah ada sejak ms. word terinstal di komputer anda. Disini anda tinggal klik maka ada-ga-da-bra pengaturan margin anda sudah selesai.

Berikut ini petunjuk penggunaan margin default dari microsoft.
  1. Klik menu Layout
  2. Klik submenu Margins
  3. Perubahan akan terjadi sesaat anda memilih margin yang ada.
Disini ada 6 pilihan margin yang sudah disedikan oleh microsoft yaitu Normal, Narrow, Moderate, Wide, Mirrored.

Normal memiliki batas atas 2,54 cm, batas bawah 2,54 cm, batas kiri 2,25 cm, batas kanan 2,54 cm. Bila diperhatikan margin normal ini memiliki batas yang sama yaitu 2,54 cm di masing-masing batasan. Ini akan  membuat posisi area kerja ada di tengah.

Narrow memiliki batas atas 1,27 cm, batas bawah 1,27 cm, batas kiri 1,27 cm, batas kanan 1,27 cm. Bila diperhatikan juga pada margin narrow ini memiliki batas yang sama yaitu 1,27 cm di masing-masing batasan.

Moderate memiliki batas atas 2,54 cm, batas bawah 2,54 cm, batas kiri 1,91 cm, batas kanan 1,91 cm. Coba perhatikan kembali pada margin moderate ini, ada sedikit perbedaan yaitu batas atas dan batas bawah memiliki batasan yang sama 2,54 cm dan batas kiri dan kanan memiliki batasan yang sama 1,97 cm.

Wide memiliki batas atas 2,54 cm, batas bawah 2,54 cm, batas kiri 5,08 cm, batas kanan 5,08 cm. Pengaturan ini akan membuat area kerja Anda menjadi dipersempit pada bagian kiri dan kanan sebesar 10,16 cm. Dan dipersempit lagi pada bagian atas dan bawah sebesar 5,08 cm.

Mirrored, berbeda degan format yang lainnya. Mirrored ini memiliki dua bagian area kerja yang berbeda. Yaitu insaide dan outside.

Cara Menentukan Margin di Word Sesuai Keinginan
Selain menggunakan format yang secara default telah disediakan microsoft diatas Anda juga bisa menentukan margin anda sendiri.

Bagaimana cara membuatnya?
  1. Klik menu Layout
  2. Klik submenu Margins
  3. Klik Custom Margins...
  4. Akan muncul page setup, pilihlah tab margins.
  5. Isi pada masing-masing bagian dari kolom top, bottom, left, dan right
  6. Klik Ok
Anda dapat menggunakan margin default dari microsoft atau membuat aturan sendiri dengan custom margin... Semua kembali kepada kebutuhan Anda saat itu. Bisa jadi Anda hanya menginginkan pada bagian kiri menjorok ke kanan sebanyak 5 cm maka Anda cukup mengatur margin left dengan 5 cm.

Ada sesuatu yang bermanfaat yang perlu saya sampaikan kepada Anda. Ini adalah kiat saat mengeprint dokumen yang telah jadi. Saya kira ini cukup memiliki manfaat yang baik bagi Anda.

Tips Ngeprint Ukuran Kertas F4 Agar Tidak Terpotong

Bagaimana jadinya jika dokumen yang Anda printout malah terpotong dan berantakan hingga menjadi beberapa bagian lembar keluar dari printer. Ini sangat menyebalkan bukan. Saya sendiri mengalami. Ini membuat saya jengkel karena harus menata kembali kertas di dalam print dan mengulang pekerjaan printing.

Jangan sampai Anda mengalaminya. Ini buruk bagi Anda dan siapa saja yang mengalaminya. Untuk itu pengaturan kertas saat masih di word harus diperhatikan. Di tambah lagi lihat juga pratinjau sebelum menjalankan tugas printing.

Tipsnya adalah ketahui batasan dari masing-masing mesin printer yang Anda gunakan. Misalkan jika mesin print Anda memiliki batas pegangan sedalam 1 mm maka Anda jangan sampai membuat dokumen tanpa memberi margin kurang dari 1 mm. Dokumen yang Anda print setidaknya memiliki batasan margin atas, bawah, kiri dan kanan masing-masing sedalam lebih dari 1mm.

Tiptsnya lagi adalah gunakan kertas yang sesuai dengan dokumen Anda. Misal: dokumen Anda menggunakan kertas Folio atau  kertas ukuran F4 maka kertas didalam print Anda juga harus menggunakan kertas F4. Mungkin kertas yang lebih besar dari F4 juga bisa. Tetapi ini tidak membuat memaksimalkan kertas, malah menjadi pemborosan kertas.

Sebaiknya anda juga memperhatikan posisi kertas / orientasi kertas apakah potrait atau landscape. Atur printer anda sesuai pengaturan yang ada di word dalam masalah orientasi kertas. Dan jika ada fitur pratinjau atau preview di printer anda sebaiknya centang pengaturan ini sebelum yakin menekan tombol Ok untuk printout.

Saya kira artikel petunjuk ini cukup memberikan perhatian Anda dan menjadi acuan pekerjaan Anda saat ini. Saya memberikan izin bagi Anda untuk membagikan kepada siapa saja link dari artikel ini ke sosial media yang Anda miliki. Anda bisa membagikan di status facebook Anda. Anda juga bisa membagikan link ini ke pada teman chat whatsapp Anda.

Itu dapat Anda lakukan dengan cara meng-klik icon facebook, whatsapp, twiter, dsb dibawah ini.
Zens Website
Suka bikin website, Nulis dan jalan-jalan

Related Posts

Posting Komentar