EjNAV1siiFWQsMHPeuBv7CrbyxNrxUyB7zujlgrc

Pembahasan Lengkap Mengenai Dasar-Dasar Microsoft Word 2016

Posting Komentar

Sebagai pengenalan dasar mikrosoft word adalah mengetahui penggunaan dari mulai membuka program hingga menutup program ms word. Tahapan tersebut tentunya tidak hanya membuka dan menutup program saja. Akan tetapi ada sesuati yang harus dilakukan diantara membuka dan menutup program tersebut. Disinilah materi dasar microsoft word dipraktikkan.

Sebagai program pengolah teks, Microsoft word sangat populir sejak kemunculannya microsoft word 2000 hingga artikel ini ditulis microsoft 2019. Awal pertama kali saya menggunakan program word tahun 2005 didalam sistem oprasi windows xp. CPU sendiri masih menggunakan tipe pentium II.

Pembahasan ini dijelaskan dasar-dasar mengunakan program microsoft word 2016 karena saat ini sedang menggunakan ms word 2016. Untuk penggunaan versi yang lebih rendah dari 2016 atau yang lebih tinggi dari itu tinggal menyesuaikan saja. Saya menyebutnya hanya tempatnya yang berbeda. Tapi utuk pintasan tombol di keyword dari dulu hingga sekarang masih di tempat yang sama. Contohnya saja Ctrl + S yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen ke memori.

Dimulai dari bagaimana membuka microsoft office word, membuat dokumen, dan menyimpan file pada memori komputer akan dijelaskan di artikel ini. Disertai juga teknik-teknik khusus yang jarang gunakan untuk menggunakan program microsoft word. Khususnya pada word 2016 yang sedang dibahas kali ini.

Untuk mengingat saja sebelum membahas dasar-dasar microsoft word telah dibahas cara cek tulisan typo di word dan cara membenarkan teks yang salah ketik. Pemabahasan sebelumnya adalah sebuah teknik khusus yang sering digunakan di program microsoft word oleh seorang profesional.

Materi dasar microsoft word akan dimulai dari menjalankan program. Jika ada suatu isian jelaskan cara membuka ms word! Maka dengan mudah dapat dijawab: cara membuka ms word adalah dengan cara klik kanan shortcut ms word pada desktop kemudian klik open. Secara otomatis ms word akan terbuka dan tampilan utama ms word ditampilkan di layar monitor.

Tentunya tidak hanya itu cara membuka program ms word. Setidaknya ada 3 cara yang umum digunakan untuk membuka program pengolah kata microsoft word.

3 Cara Membuka Microsoft Word

Adapun tiga cara itu adalah melalui "tombol Start, Dekstop, dan melalui jendela Run". 

1. Melalui Tombol "Start"

Cara pertama kali ini adalah melalui tombol "Start". Tombol start dapat ditemukan di pojok kiri bawah, bisa juga ditemukan di keyboard. Di keyboard biasanya tombol satar disamping kiri tombol Alt. Lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut ini;


Kotak merah adalah tombol "Start" di pojok kanan bawah

Kotak merah adalah tombol "Start" pada keyboard

Dari tombol start sendiri dapat dilakukan tiga cara membuka ms word. Pilihan pertama melalui pencarian, kedua melalui All Programs, dan pilihan ketiga melalui daftar yang pertanah di buka dari tampilan start.

1.1. Cara membuka word dari kotak pencarian

  1. Klik tombol "Start"

  2. Letakkan kursor di dalam kotak pencarian (Search programs and files)

  3. Ketikkan kata "Word" didalam kotak pencarian 

  4. Akhirnya ditampilkan semua program dan file yang mengandung kata "word". Langsung saja pilih "Word" yang ada di bawah tab "Programs".
Setelah melalui tahap 1 sampai dengan 4 secara otomatis akan di tampilkan program word 2016 di layar monitor.

cara selanjutnya adalah melalui All Programs.

1.2. Cara Membuka Microsoft Word Dari All Program

Membuka word dari All Program dapat dilakukan dengan menjalankan langkah-langkah berikut ini;
  1. Klik tombol "Start"
  2. Klik "All Programs"

  3. Klik "Word"

Jika kedua cara tersebut sudah pernah di gunakan maka cara ketiga ini biasanya dapat digunakan juga. Yaitu melalui daftar program yang pertah di buka pada jendela start.

1.3. Membuka Ms. Word Melalui Tampilan Start

  1. Klik atau tekan tombol "Start"
  2. Klik "Word 2016"

Ketiga cara tersebut diatas yang dapat dilakukan untuk membuka aplikasi atau program dari tombol "Start". Di windows 7 ketiga hal tersebut umum ketahui dan digunakan oleh pemula. 

Yang akan dibahas selanjutnya adalah melalui Dekstop atau tampilan pada saat pertama kali windows berhasil terbuka.

Cara Menampilkan Word Di Desktop

Sebelum dapat menjalankan ms microsoft word dari dekstop ada langkah yang harus dijalankan. Langkah tersebut adalah menampilkan dahulu icon sortcut word di tampilan dekstop. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

  1. Kembali lagi menggunakan tombol start dengan cara klik tombol "Start"
  2. Klik All Programs
  3. Klik Kanan pada "Word"
  4. Klik "Sent to"

  5. Pilih "Desktop (create shortcut)".

  6. Secara otomatis icon word ditampilkan di desktop.

Cara Menjalankan Microsoft Words Dari Desktop

Setelah icon shortcut word ditampilkan di dekstop barulah dapat dengan mudah digunakan. cara menjalankan program microsoft words 2016 dari tampilan desktop adalah dengan cara;

  • Klik kanan shortcut ms word pada desktop kemudian klik open

  • Selain Klik kanan juga bisa menggunakan double click (klik dua kali secara berturut-turut).
  • Secara otomatis ms word akan ditampilkan di layar monitor. 
Yang terakhir dari ketiga teknik tersebut ada yang paling cepat tanpa harus menyetel terlebih dahulu seperti membuat shortcut di desktop yaitu dengan menjalankan program Run menggunakan Keyboard.

Cara Membuka Windows Run Untuk Membuka Ms. Word Semua Versi

  1. Silahkan perhatikan keyboard yang sedang digunakan. Lihatlah pada tombol Crtl dan tombol R. Tekan tombol ini secara bersamaan makan akan tampil jendelah windows run. Terlihat seperti gambar;

  2. Ketik pada kolom Open dengan kata "winword"

  3. Klik tombol "Ok"

Ketiga cara membuka program ms. word dari menggunakan tombol start, desktop, dan windows run akan didapatkan hasil yang sama yaitu membuka program micorsoft word 2016.

Tidak perlu juga mengetahui semua langhak diatas. Cukup satu saja sebenarnya tidak masalah. Karena kembali lagi, akan didapatkan hasil yang sama yaitu membuka ms word 2016. Tentunya setelah praktik membuka ms word 2016 dapat dilanjutkan kepada pembahasan membuat dokumen baru di microsoft word.

Bagaimana Cara Membuat Dokumen Baru Di Microsoft Word

Detail untuk membuka microsoft word dari penjelasan diatas merupakan alasan yang dapat diterima untuk selanjutnya mempraktikan cara membuat dokumen baru di microsoft word 2016. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan atau dijalankan pada program ms word 2016 untuk membuat dokumen baru.

Trik atau langkah-langkah tersebut ada yang biasa digunakan ada yang jarang digunakan oleh pengguna microsoft word pada umumnya. Disini dibagi menjadi 3 pengalaman membuat dokumen baru di ms word. Untuk membuat dokumen baru pada ms word dapat dilakukan melalui;

  1. Membuat dokumen baru pada saat jendela ms. word terbuka.
  2. Membuat dokumen baru melalui menu file
  3. Melalui klik kanan dari mana saja (ini langkah yang jarang digunakan)
Mari kita uraikan tiga cara tersebut dengan penjelasa yang cukup singkat. Dimana disertakan gambar dan petunjuk untuk setiap pembahasannya. Dengan begini akan mempermudah anda untuk memahami apa yang sedang disampaikan.

3 Cara Membuat Dokumen Baru Di Word

Sesuai penjelasan diatas ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk membuat dokumen baru di ms word 2016. Nah sebenarnya masih banyak cara lagi yang bisa di gali dari pembahasan microsoft word. Akan tetapi jika di jelaskan semua di artikel ini akan membuat artikel ini terlalu panjang. Sehingga 3 cara tersebut sudah cukup untuk digunakan sehari-hari.

1. Membuat Dokumen Baru Pada Saat Jendela Ms. Word Terbuka.

Langkah membuat dokumen baru pada microsoft word di bagian ini bisa dilakukan pada saat jendela microsoft word baru saja dibuka. Untuk langkah-langhaknya adalah sebagai berikut;

1.1. Langsung Klik Icon Dokumen kosong / New Document

Langsung klik icon "Dokumen kosong  atau New Document" yang ada di jendela Ms. Word 2016 adalah langkah paling mudah untuk di lakukan. Setidaknya cocokan tampilan ms word yang sedang gigunakan. Sehingga didapati tampilan seperti gambar dibawah ini. Lihat panah merah klik di "Dokumen kosong / New domcument";


1.2. Melalui Klik Icon "Baru / New" Dilanjutkan Klik "Dokumen kosong  atau New Document"

Untuk membuat dokumen baru pada microsoft word digunakan ikon "Baru atau New" dilanjutkan klik "Dokumen kosong  atau New Document" yang dapat dilihat seperti gambar berikut ini;


Dengan begitu halaman kerja baru untuk membuat dokumen di microsoft word ditampilkan. Tidak hanya itu. Sering kali kejadian, dimana anda membuka dokumen yang sudah jadi, maka menu tersebut tidak lagi ditampilkan. Oleh karena itu cara berikut ini akan berguna pada saat itu.

2. Membuat Dokumen Baru Melalui Menu File

Cara ini berguna jika yang anda hadapi sekarang adalah lembar kerja di ms word atau dokumen yang sedang dikerjakan di ms word. Karena pada saat halam kerja di ms word 2016 ditampilkan icon "New" atau ikon "Baru" tidak lagi terlihat. Untuk membuat dokumen baru pada tahap ini bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini;
  1. Klik menu "File"

  2. Setalah klik menu "File" dapat melanjutkan langkah-langkah yang telah dijelaskan pada "1. Membuat Dokumen Baru Pada Saat Jendela Ms. Word Terbuka."

Kedua langkah tersebut adalah hal yang sering digunakan untuk membuat dokumen baru di program ms. word 2016. Tentunya tidak hanya itu masih ada beberapa cara  lagi yang bisa digunakan. Mari kita lanjutkan lagi kepada cara yang ketiga. Cara membuat dokumen baru ini jarang digunakan.

3. Melalui Klik Kanan Dari Mana Saja (ini langkah yang jarang digunakan)

Ada juga dengan melakukan klik kanan dari berbagai tempat di windows seperti di destop maupun di dalam sebuah folder bisa berguna untuk membuat suatu file. Dalam kasus kali ini menggunakan klik kanan untuk membuat file dokumen dari ms word 2016 yang telah diinstall. Caranya adalah sebagai berikut;
  1. Klik kanan pada sembarang tempat yang kosong di dekstop
  2. Klik New

  3. Klik Microsoft Word Document

  4. Ketikan nama sesuai yang anda inginkan.

  5. Tekan Enter di keyboard
  6. Untuk membuka dokumen baru anda bisa klik dua kali file tersebut.
Dengan menjalankan 1 sampai dengan langkah 6 tersebut maka halaman kerja untuk dokumen baru sudah bisa anda gunakan.

Cara Menyimpan Dokumen Pada Microsoft Word 2016

Sekarang mari kita lanjutkan dengan proses menyimpan dokumen. Langkah ini bagi kabanyakan pengguna sangat penting untuk dilaksanakan. Alasan utamanya adalah dengan menyimpan dokumen anda bisa membuka untuk mengedit atau hanya sekedar melihat isinya saja suatu hari nanti. Tentu saja ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menyimpan dokumen yang ingin anda akhiri. 
  • Ada dengan menggunakan tombol di keyboard. Ini cara paling cepat dan sering digunakan. 
  • Ada juga dengan melewati menu yang disediakan dari menu file. 
  • Ada juga dari klik icon save yang sudah disediakan. 

Langkah-Langkah Menyimpan Dokumen Pada Microsoft Word 

Ketiganya itu disebut fungsi menyimpan dokumen. Setelah fungsi itu dijalankan ada langkah lagi yaitu memilih media penyimpanan. Media penyimpanan ini bisa berupa Hardisk, Fleshdiks, SSD, Micro SD, maupun media yang lain yang dapat digunakan. Adapun uraiannya dapat dipaparkan sebagai berikut;

  • Cara Menyimpan Dokumen Pada Microsoft Word Dari Keyboard

Cara ini sangat digemari bagi kebanyakan pengguna. Karena kita cukup pejet tombol Ctrl dan tombol S di keyboard secara bersamaan.


  • Cara Menyimpan Dokumen Dengan Cara Klik Icon Save
Cara paling sering dugunakan kedua adalah dengan cara klik icon save yang ada di pojok kanan halaman kerja ms word 2016. Detailnya bisa dilihat seperti gambar berikut ini;
Ini hampir mirip dengan cara berikunya 



  • Cara Menyimpan Ms Word Dari Menu File

Menggunakan langkah ini juga bisa. Langkah ini dengan mengklik menu file yang ada di pojok kiri atas pada halaman kerja ms word. Untuk detailnya bisa dilihat sebagai berikut;
  1. Klik menu File

  2. Klik "Save" / Simpan
  3. Klik "Browse" /  Telusuri
Apa bila dokumen belum pernah di simpan sama sekali maka kelanjutan cara menyimpan dokumen ini harus dilakukan. Yaitu memilih media penyimpanan. Dalam kasus kali ini dicontohkan menyimpan dokumen pada media fleshdisk.

Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word Ke Flashdisk

Setelah anda menjalankan salah satu fungsi penyimpanan di atas dan anda juga belum pernah menyimpannya maka anda akan dihadapkan dengan pemilihan media mana yang akan digunakan untuk menyimpan dokumen. Adapun langkah-langhaknya adalah sebagai beriktu.
  1. Klik nama Fleshdisk yang telah anda tancapkan di laptop / komputer
  2. Ketik Nama File untuk memudahkan mengenali dokumen yang mau disimpan
  3. Klik Save / Simpan untuk menyimpan dokumen ms word ke flashdiks. Detail bisa dilihat seperti gambar berikut ini;

Dengan begini proses menyimpan dokumen sudah selesai dilaksanakan. Sewaktu-waktu jika anda membutuhkan dokumen tersebut untuk di edit atau sekedari dibuka anda cukup klik dua kali saja. Maka secara otomatis dokumen yang telah anda simpan tersebut dapat anda gunakan kembali.

Tidak hanya ini pembahasan mengenai dasar-dasar micrososft word 2016. Selanjutnya akan dijelaskan cara membuka file dokumen yang telah disimpan dan menggunakan kembali file tersebut. Mungkin juga ada penambahan membuat urutan nomor pada setiap lembar dokumen dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari.
Zens Website
Suka bikin website, Nulis dan jalan-jalan
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar