EjNAV1siiFWQsMHPeuBv7CrbyxNrxUyB7zujlgrc

Cara Mengatur Ukuran Kertas Di Word Semua Versi

Posting Komentar
Cara mengatur ukuran kertas di word dari versi 2000 hingga yang terbaru saat ini adalah 2019 memiliki banyak kesamaan. Kenapa saya bisa menyatakan demikian? Karena itu bisa dijelaskan pada jendela "Penyetelan Halaman" atau “Page Setup”. Sejak versi 2000 hingga 2016 ms word memiliki jendela "Pengaturan Halaman". Kunci dari semua pengaturan kertas di Microsoft Word dapat ditemukan di jendela ini.
Cara Mengatur Ukuran Kertas Di Word

Pengaturan kertas di Ms. word sering digunakan pada saat mengatur dokumen. Contohnya saja jika Anda seorang siswa yang sedang mengerjakan tugas sekolah berupa makalah, Anda mulai mengatur  ukuran kertas yang Anda butuhkah. Menentukan batas (Margin) atas, bawah, kiri dan kanan, serta menentukan orientasi dokumen apakah mau di posisikan tidur (Lanskap) atau berdiri (Potret). Sama saja jika Anda bekerja di percetakan, di kantor, sebagai guru, dosen dan lain sebagainya yang membutuhkan ketrampilan di ms. word.

Mungkin bagi Anda yang sudah sering mempraktikan, hal ini jauh lebih gampang dibanding Anda yang sebelumnya. Tapi taukah Anda jika yang pernah Anda praktikan ini memiliki kesamaan? Petunjuk ini akan memberikan tambahan wawasan bagi Anda yang sudah pernah mempraktikannya. Tetapi bagi Anda yang benar-benar baru menggunakan ms. word untuk mengatur dokumen, petunjuk ini akan memberikan pondasi yang kuat dalam kemampuan Anda mengatur ukuran kertas di Ms. Word dari versi ke versi.

Pengalaman yang didapatkan ini menjadi catatan yang sangat berguna bagi siapa saja yang membaca dan mau mempraktikannya. Sejak menggunakan ms. word 2000, 2007, 2010, 2013, dan yang terbaru sekarang 2019 didapati kesamaan pengaturan ukuran kertas.

Bisa jadi Anda membutuhkan petunjuk ini saat menggunakan komputer orang lain. Dimana Anda tidak menemukan versi microsoft word sesuai di komputer Anda. Misal; Di komputer Anda terinstal Ms. Word 2016 sedangkan yang ada di hadapan Anda hanya terinstal ms word 2003. Bagaimana Anda melakukan hal ini? Jika Anda tidak memiliki dasar sama sekali pasti Anda akan meraba-raba dimana tab yang berhubungan untuk mengatur ukuran kertas.

Untungnya petunjuk ini menjelaskan dasar dari semua itu. Tentunya semua ini berawal dari pengalaman sehingga petunjuk ini dapat di tuliskan di dalam blog ini. Lalu seperti apa dasar dari mengatur kertas di ms. word? Marilah pahami langkah - langkah ini! Dasarnya adalah Anda menemukan "Pengaturan Halaman" yang sudah disinggung di atas. Dimana letaknya?

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word 2000

Mengatur ukuran kertas pada microsoft word 2000 dapat ditemukan di dalam tab file > page setup > paper size. Dimana jendela ini berisikan berbagai pengaturan tentang format dari suatu dokumen di ms word 2000. Didalamnya Anda dapat menentukan orientasi, ukuran, batasan-batasan dokumen.

Adapun tahapan menentukan ukuran kertas dari suatu dokumen pada word 2000 adalah sebagai berikut ini;
  1. Klik pada menu File
  2. Klik Page Setup untuk menampilkan jendela “Page Setup”.
  3. Klik tab “Paper Size” untuk menampilkan pilihan format kertas seperti yang diinginkan.
  4. Pada kotak dropdown Paper Size pilih ukuran kertas yang diinginkan. Misal memilih format kertas A4, F4 atau A5 dan lain sebaginya. Bahkan Anda bisa menentukan sendiri ukurannya dengan klik custom.
  5. Pada kotak pilihan Apply to, pilihlah bagian dokumen yang akan menerapkan format kertas yang ditentukan.
  6. Klik tombol OK untuk menerapkan pengaturan yang telah ditentukan.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Word 2003

Mengatur ukuran kertas pada Ms. Word 2003 tidak jauh berbeda dengan pengaturan yang ada di ms. word versi 2000. Tampilan dari Versi 2003 tidak jauh berbeda dengan tampilan versi 2000. Cara pada poin satu sampai dengan poin enam dapat Anda praktikan dengan baik.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsofi Word 2007 - 2019

Cara mengatur ukuran kertas pada word 2007 ada perubahan besar untuk menemukan page setup. Pengguna lebih dimudahkan dengan tampilan yang terbarukan dari microsoft.

Perusahaan Microsoft terus memperbarui produknya dalam segi tampilan. Tidak kalah penting fitur-fitur yang berguna ditambahkan. Ada juga fitur-fitur yang dirasa sudah tidak berguna di hilangkan dari ms word.

Ini adalah cara mengatur ukuran kertas di ms word 2007 dan bisa dipakai juga di generasi berikutnya.

Tentu saja Anda sudah membuka aplikasi word 2007 atau versi yang sedang Anda gunakan saat ini.
  1. Klik Menu Tata Letak.
  2. Klik Icon Ukuran
  3. Klik Ukuran Kertas Lainnya.
  4. Klik Dropdown Ukuran Kertas
  5. Klik Ok

Tentu saja cara di atas di ringkas oleh microsoft pada bagian Icon Ukuran ( Size ), lihat poin 2. Didalam submenu ini sudah ada banyak pilihan kertas yang dapat Anda gunakan. Akan tetapi cara di atas dapat Anda gunakan jika Anda menginginkan ukuran kertas yang belum disediakan oleh microsoft. Anda dapat mengatur ukuran kertas Anda sendiri dengan memilih Ukuran Kertas pada poin 4 dan memilih Ukuran Custom.

Pengaturan ukuran kertas di word 2007 juga berlaku di Ms. word versi 2010, 2013, 2016 hingga yang terbaru sekarang versi 2019. Anda bisa menemukan page setup di menu Page Layout > Size > More Paper Size. Jika Anda perlu bukti, Silahkan lihat screenshoot gambar berikut ini;

cara mengatur ukuran kertas di word 2010
Ms. Word 2010


cara mengatur ukuran kertas pada word 2013
Ms. Word 2013


cara mengatur ukuran kertas pada microsofi word 2016
Ms. Word 2019



Tentunya cara terbaik untuk membuktikannya adalah dengan cara praktik.

Anda bisa mencobanya jika Anda menemukan masing-masing versi di atas. Ini bukan hanya sekedar artikel, karena berangkat dari pengalaman sejak menggunakan ms. word 2000 sampai ms. word 2019 menjadi pengalaman yang penting untuk di dokumentasikan.

Petunjuk demi petunjuk sudah melalui proses praktik dan pengalaman. Saya harap artikel dengan jenis tutorial ini memiliki nilai pengajaran yang dalam dan mendasar. Sehingga Anda bisa membagikan artikel ini dengan sanak saudara, teman dan sahabat Anda. Saya sendiri memahami jika ini tidak mudah dilakukan jika Anda masih berpikir materialistis.

Bagikanlah walau satu ayat.
Sehingga menjadi amal jariah yaitu amal yang tidak terputus walau jasat telah ditelan bumi. Bisa jadi panduan ini sebagai catatan untuk diri anda sendiri. Sehingga suatu saat jika anda membutuhkannya, Anda tinggal mencari di status facebook anda dan klik untuk menuju ke halaman ini.

Mari klik tombol icon facebook / WhatsApp / twiter dibawah ini untuk membagikan ke pada sahabat anda. Setidaknya bagikan ke profil facebook anda untuk menyimpan.
Zens Website
Suka bikin website, Nulis dan jalan-jalan

Related Posts

Posting Komentar